Tajuk 03: Pameran “Tiga Ruang Kutek”

 In Tajuk
S

etelah lebih/kurang enam minggu menjalani lokakarya seni dan antropologi visual, pada minggu kedua di bulan Desember 2018, para partisipan STRIPVIS 2018 yang diadakan oleh Anvis Hé-MAn FISIP UI melemparkan output yang mereka miliki kepada publik lewat penyelenggaraan acara Pameran Antropologi Visual, bertajuk “Tiga Ruang Kutek”.

Pameran, sebagai salah satu bentuk dari presentasi publik yang populer dan kerap dipilih oleh mahasiswa untuk finalisasi kegiatan kreatif mereka, adalah sebuah strategi komunikasi yang mengamplifikasi performativitas pernyataan dan gagasan yang telah didalami pada proses-proses sebelumnya.

Pameran perlu dijadikan sebagai cultural statement (pernyataan kultural) yang merepresentasikan idealisme mahasiswa. Dalam konteks platform ANTROPOLOGIVISUAL.ID yang dikembangkan oleh Anvis Hé-MAn FISIP UI ini, posisi strategis dari penyelenggaraan pameran diniatkan sebagai suatu pendekatan untuk meruntuhkan belenggu-belenggu akademis, serta menguatkan pertalian antara aktivitas mahasiswa (yang selalu berusaha turun ke masyarakat) dan ruang aktivitasnya (yaitu lingkungan masyarakat itu sendiri). Pameran Antropologi Visual “Tiga Ruang Kutek” merupakan salah satu upaya dari Himpunan Mahasiswa Antropologi FISIP UI untuk mewacanakan gagasan tersebut: bagaimana kekakuan akademik dapat dipoles dan dicairkan dengan pendekatan seni sehingga dapat mendekatkan para pelaku intelektual kepada masyarakat umum yang menjadi tujuan utamanya.

Tajuk ke-03 dalam situs ini secara khusus menyajikan sejumlah konten yang secara tidak langsung menjadi “katalog online” dari Pameran Antropologi Visual “Tiga Ruang Kutek” yang diselenggarakan tanggal 7-10 Desember 2018. *

Recommended Posts

Leave a Reply

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

%d bloggers like this: