Tiga Ruang Kutek

Pameran Antropologi Visual

Pameran yang diselenggarakan tanggal 7-10 Desember 2018 ini adalah acara presentasi publik dari hasil kegiatan lokakarya seni dan antropologi visual yang diselenggarakan oleh Anvis Hé-MAn FISIP UI (bekerja sama dengan Milisifilem Collective) dalam kurun waktu lebih kurang enam minggu sejak 25 Oktober 2018. Seluruh kegiatan ini adalah realisasi dari proyek STRIPVIS 2018 yang bertajuk “Spectacle Society: Contemporary Mediated Community”. Halaman ini adalah “katalog online” dari Pameran Antropologi Visual “Tiga Ruang Kutek”.

Pernyataan Kuratorial Pameran

Meruangkan
Tiga Ruang Kutek
di Ruang Kontrakan

T

iga Ruang Kutek, judul pameran ini, adalah kalimat singkat yang merangkum refleksi panjang lebar atas sebuah lokasi spesifik, yaitu kampung Kukusan Teknik (Kutek), Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok; refleksi yang dilakukan sejumlah individu (umumnya mahasiswa) berlatar belakang pendidikan antropologi, komunikasi, kriminologi, ekonomi, dan hubungan internasional. Mereka semua terlibat dalam proses sebuah lokakarya yang diselenggarakan sebelum pelaksanaan pameran ini.

“Tiga Ruang Kutek” mencakup “ruang bersama”, “ruang antara”, dan “ruang wacana”—tiga kategori yang dirasa dapat menggambarkan persoalan antropologis di Kutek—sebuah lokasi yang memiliki keterkaitan personal dengan sebagian besar partisipan proyek ini—yang secara khusus dibaca lewat pendekatan yang mengombinasikan perspektif antropologi visual dan seni kontemporer.

“Ruang bersama” adalah ruang-ruang yang menjadi hotspot (tempat berkumpul) warga, baik dalam konteks aktivitasnya maupun kepemilikannya, terlepas apakah ruang itu sesungguhnya privat (atau terprivatisasi) atau publik.

“Ruang antara” adalah ruang-ruang yang menunjukkan adanya garis batas, baik yang dinilai berdasarkan sifat kebendaan dan ke-arsitektural-annya, maupun yang dinilai berdasarkan model interaksi manusia yang tercipta di dalamnya.

Sementara itu, “ruang wacana” adalah rupa-rupa tekstual yang tersebar di berbagai tempat di Kutek yang merepresentasikan polemik bahasa, aspek vernakular warga, dan upaya-upaya komunikasi yang mengalami penyimpangan dalam ragam cara yang unik, mengejutkan, dan tak jarang luput dari amatan kita sehari-hari.

Ketiga ruang yang sudah dikategorisasi itu, dijadikan dasar bagi bingkaian kuratorial pameran ini, dan gagasannya dibicarakan melalui karya dengan berbagai medium, mulai dari teks, fotografi, sketsa (gambar), grafis, dokumen/arsip, bebunyian (yang direkam menjadi audio), dan video, serta platform media online.

***

Pameran Antropologi Visual “Tiga Ruang Kutek” mewakili gerakan dari penerapan perspektif antropologi visual ke dalam kegiatan-kegiatan kreatif yang berorientasi seni. Dalam perkembangan proses pelaksanaannya, ada kecenderungan untuk melepas belenggu-belenggu akademik. Yang lebih menonjol justru usaha untuk mengadopsi artikulasi yang lebih berbentuk “jurnalisme warga”.

Dalam proyek ini, bernegosiasi dalam hal mengemas hasil-hasil temuan, serta uji coba atas gaya ungkap, menjadi tantangan tersendiri. Yang pasti, inisiatif ini didorong oleh kesadaran bahwa, metode yang tengah dimulai dan akan dikembangkan oleh platform ini, sesungguhnya, berpotensi untuk di-[re]-adopsi ke dalam praktik-praktik akademik itu sendiri.

Output yang didapat dengan sengaja tidak menyasar bentuk analitik, melainkan berusaha membangun lanskap pola atau pemetaan yang sifatnya sangat terbuka untuk diinterpretasi dengan perspektif keilmuwan yang lainnya.

Tim proyek ini memilih salah satu ruangan di salah satu kontrakan di salah satu area rukun tetangga di Kutek, yang dihuni salah satu partisipan proyek, sebagai ruang pameran. Pemilihan ini adalah usaha untuk turut mewacanakan ide tentang proyek berbasis situs spesifik, mendekatkan partisipan ke lingkungan yang menjadi fokus studi kreatifnya, serta menawarkan pengalaman yang berbeda dari pengalaman-pengalaman yang umumnya selalu menjadikan kampus sebagai pusat kegiatan mahasiswa. Selain itu, lokasi kontrakan itu sendiri sejak awal telah menjadi bagian dari persoalan antropologis yang dikaji dalam lokakarya ini sehingga memilihnya sebagai tempat presentasi diharapkan dapat menguatkan konteks yang tengah dibicarakan oleh proyek ini.

Pada akhirnya, praktik yang diterapkan selama lokakarya, dan yang kemudian output-output-nya dipresentasikan ke dalam pameran ini, berusaha menawarkan spekulasi atau kemungkinan-kemungkinan untuk kembali memikirkan konsep “pengalaman” dalam konteks antropologi dan hubungannya dengan kebutuhan untuk memproduksi materi-materi tekstual dan audiovisual saintifik di bidang ilmu sosial dan budaya.

Bagaimana kiranya kita, manusia-manusia yang telah termediasi ini, mengalami budaya kita saat ini (salah satunya, “budaya media sosial”) dan lantas mengekspresikan pengalaman-pengalaman itu melalui media-media yang ada, media “penghasil visual”…?

Para partisipan pameran kolektif ini mencoba menjawab itu dengan menelaah bagaimana mereka mengalami Kutek, dan bagaimana pengalaman atas Kutek itu dipilih-pilah, dibingkai, untuk diekspresikan dan dibagikan. *

Depok, 6 Desember 2018

 

Manshur Zikri
Salah satu fasilitator lokakarya dan bertindak sebagai salah satu ko-kurator dalam kurasi kolaboratif antara partisipan dan fasilitator proyek.

Daftar Karya

Partisipan Proyek STRIPVIS 2018

  1. Fadiah Sabila Fauzi
  2. Wilsa Naomi
  3. Teuku Naufal Barlianta
  4. Vanindra Hargyono
  5. Indrawan Prasetyo
  6. Fitria Adella Basya
  7. Syifa Nafisa Aidied
  8. Betharia Nurhadist
  9. Alberta Prabarini
  10. Pradnja Pradipta Maherasvari
  11. Regita M. Rusli
  12. Rahardhian
  13. Agnes Alvionita
  14. Afra Bahirah
  15. Agung Fajarudin

Fasilitator (Milisifilem Collective)

  1. Afrian Purnama
  2. Anggraeni Widhiasih
  3. Dhanurendra Pandji
  4. Dhuha Ramadhani
  5. Luthfan Nur Rochman
  6. Manshur Zikri
  7. Maria Christina Silalahi
  8. Pingkan Polla
  9. Prashasti Wilujeng Putri
  10. Robby Ocktavian
  11. Wahyu Budiman Dasta
  12. Yuki Aditya
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

%d bloggers like this: