S

ejak tanggal 14 Oktober 2018, lokakarya seni dan antropologi visual yang dilaksanakan dalam rangka acara STRIPVIS 2018 (acara tahunan dari Divisi Antropologi Visual Himpunan Mahasiswa Antropologi, FISIP UI), dilengkapi dengan kegiatan merekam lingkungan sehari-hari dengan menggunakan media sosial Instagram. Semua partisipan lokakarya diminta membuat secondary account Instagram yang secara khusus digunakan untuk “mengarsip” karya foto mereka masing-masing dalam rangka proyek ini. Setiap pos menerakan hashtag #antropologivisual di bagian caption dan menyematkan tag @anvis.ui.

Halaman berikut menampilkan sejumlah kompilasi dari foto-foto Instagram para partisipan, yang dikategorisasi dan dikurasi berdasarkan benang merah tertentu, dan diberi khasanah atau suatu pembacaan analitis sebagai upaya merefleksi pendekatan dan metode antropologi visual yang coba dipraktikkan dalam platform ini. Selanjutnya, halaman ini akan dikelola sebagai halaman arsip untuk studi antropologi melalui visual.

#antropologivisual

Lensa Gawai

Foto-foto dalam kompilasi ini menyajikan bagaimana manusia merespon situasi dengan menghadirkan lensa gawai dalam bingkaian fotonya.

Layar Gawai

Foto-foto dalam kompilasi foto ini menghadirkan bagaimana gawai telah membentuk pola-pola tertentu mulai dari gestur, kebiasaan hingga tradisi.

Teks

Dengan mengidentifikasi gambar sebagai teks, atau gambar yang mengandung teks, membongkar pertanyaan atasnya, maka kita dapat menemukan ide utamanya.

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

%d bloggers like this: