“Ensiklopedia” Warung Burjo

 In Tajuk 03 - Pameran "Tiga Ruang Kutek"
W

arung Burjo (‘bubur kacang ijo’), terkadang orang-orang menyebutnya ‘warung indomie’, atau sebutan-sebutan lain, adalah fenomena visual yang menarik untuk dibongkar, terutama tata ruang dapurnya yang, entah mengapa, memiliki kemiripan antara satu warung dengan warung yang lain. Letak baskom berisi bubur, letak mie instan, telur, selai, botol minuman, kompor gas, dan bahkan interior ruangan (seperti bentuk meja yang kerap “mengelilingi” area masak), menyimpan berbagai objek yang dari sana kita bisa menelusuri lebih jauh kelindan-kelindan informasi, sejarah, dan wacana-wacana visual lainnya yang jenaka.

Karya fotografi dan cetak yang diproduksi secara kolaboratif ini kami namakan Ensiklopedia Warung Burjo karena mencoba mengimajinasikan apa-apa saja kiranya informasi yang bisa kita dalami jika menelaah satu per satu objek visual yang ada di dalam warung-warung semacam “warung burjo”.

Ini adalah peta imajinasi dengan memanfaatkan materi-materi sederhana yang dicomot dari internet, umumnya mesin pencari Google, yang juga memuat ribuan versi visual lainnya dari objek-objek tersebut. *

Recommended Posts

Leave a Reply

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

%d bloggers like this: